Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP

Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP

Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP
Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP


Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP, merupakan artikel yang saya bahas pada kesempatan ini. Artikel yang berjudul Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP ini bisa digunakan sebagai contoh pembuatan SK KD atau melengkapi administrasi pembelajaran lain yang bapak ibu butuhkan. Silahkan disimak selengkapnya dibawah ini:

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB

      Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A.     Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.



Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. 

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

B.     Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

C.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.   Mendengarkan
2.   Berbicara
3.   Membaca
4.   Menulis.

Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.  Memahami wacana lisan berbentuk laporan         

1.1 Menganalisis laporan 
1.2  Menanggapi isi laporan   

Berbicara
2.  Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara  dan presentasi laporan 


2.1   Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
            Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar

Membaca
3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat


3.1   Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
            Menemukan  tempat  atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang  tertera pada denah 
            Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit 
Menulis
4.       Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan  petunjuk

4.1   Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2   Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3   Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Mendengarkan
5.      Mengapresiasi   pementasan drama

5.1   Menanggapi unsur pementasan drama  
5.2  Mengevaluasi pemeran tokoh dalam  pementasan drama

Berbicara
6.  Mengungkapkan pikiran dan  perasaan dengan bermain peran

6.1   Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
            Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa   
Membaca
7.  Memahami  teks drama dan novel remaja

7.1   Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2   Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Menulis
8.      Mengungkapkan  pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis  kreatif naskah drama

8.1   Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan     memperhatikan keaslian ide 
            Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan       memperhatikan kaidah penulisan naskah drama


Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami isi berita dari radio/televisi

9.1   Menemukan  pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton  melalui radio/televisi  
            Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton  melalui radio/televisi  
Berbicara
10.  Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan   diskusi dan protokoler    

10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan  pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
            Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun
Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca  nyaring

11.1 Menemukan  masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif 
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
Menulis
12.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk  rangkuman, teks berita, slogan/poster 

12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
Mendengarkan
13.  Memahami unsur intrinsik novel  remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan

13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja         (asli atau terjemahan) yang dibacakan
            Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan   
            Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan   

Berbicara
14.  Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi

14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
 14.2  Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
Membaca
15.  Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi 

15.1 Menjelaskan  alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi 

Menulis
16.   Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas

16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai 
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP"

Posting Komentar