Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP
Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP
Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP |
Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP, merupakan artikel yang saya bahas pada kesempatan ini. Artikel yang berjudul Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP ini bisa digunakan sebagai contoh pembuatan SK KD atau melengkapi administrasi pembelajaran lain yang bapak ibu butuhkan. Silahkan disimak selengkapnya dibawah ini:
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah
(MTs)
A.
Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar,
baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil
karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal,
regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.
peserta didik dapat
mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya,
serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil
intelektual bangsa sendiri;
2.
guru dapat memusatkan
perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih mandiri dan leluasa
dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi
lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.
orang tua dan masyarakat dapat
secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di
sekolah;
5.
sekolah dapat menyusun program
pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta
didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat menentukan bahan
dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan
daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku,
baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk
berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan
sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,
memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup
komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah
membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
berbentuk laporan
|
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
|
Berbicara
2. Mengungkap berbagai
informasi melalui wawancara dan
presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara
dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika
berwawancara
Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang
baik dan benar
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan
informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca
memindai
Menemukan
tempat atau arah dalam konteks
yang sebenarnya sesuai dengan yang
tertera pada denah
Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250
kata per menit
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat
dinas, dan petunjuk
|
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa
yang baik dan benar
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan
kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Mendengarkan
5.
Mengapresiasi
pementasan drama
|
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran
dan perasaan dengan bermain peran
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang
ditulis siswa
Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan
kerangka naskah yang ditulis siswa
|
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik
teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan
menulis kreatif naskah drama
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak
dengan memperhatikan keaslian
ide
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah
drama
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami isi berita
dari radio/televisi
|
9.1 Menemukan
pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan atau ditonton
melalui radio/televisi
Mengemukakan kembali berita yang didengar/
ditonton melalui radio/televisi
|
Berbicara
10. Mengemukakan pikiran,
persaan, dan informasi melalui kegiatan
diskusi dan protokoler
|
10.1 Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar,
serta santun
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif, dan membaca nyaring
|
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang
bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi
melalui membaca intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang
tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi
dalam bentuk rangkuman, teks berita,
slogan/poster
|
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan
populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat,
dan jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat
yang bervariasi, serta persuasif
|
Mendengarkan
13. Memahami unsur
intrinsik novel remaja (asli atau
terjemahan) yang dibacakan
|
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel
remaja (asli atau terjemahan)
yang dibacakan
Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
|
Berbicara
14. Mengapresiasi kutipan
novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
14.2
Menanggapi
hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Membaca
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi
puisi
|
15.1 Menjelaskan
alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Menulis
16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam
puisi bebas
|
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan
pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan
unsur persajakan
|
0 Response to "Download SK KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jenjang SMP"
Posting Komentar